Rabu, 20 September 2023

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.1

 Asalamualaikum wr.wb.

Salam hangat dan Bahagia. Bertemu kembali dengan saya Devinta Agung Susanto, CGP Angkatan 8 dari SD Negeri 4 Jambon Kab. Grobogan. Di postingan ini saya menulis jurnal refleksi dwi mingguan sesuai dengan pengalaman saya dalam proses pendidikan guru penggerak Angkatan ke-8. Jurnal refleksi ini saya tulis setelah saya mengikuti dan mempelajari modul 3.1. dengan topik Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin. Dalam menulis jurnal, saya menggunakan model 4F, yakni Fact (peristiwa), Feeling (perasaan), Findings (pembelajaran), Future (penerapan). 

Berikut jurnal refleksi dwimingguan modul 3.1. dengan topik Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin.

1. Fact (Peristiwa)

Saya memulai mempelajari modul 3.1. dengan topik Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin di LMS dengan alur MERDEKA, yakni:

a. Mulai dari Diri 

Pada hari Senin, tanggal 11 September 2023, saya mulai mempelajari modul 3.1 dengan topik Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin dengan mengerjakan pre-test paket modul 3. Alhamdulillah, pre-test berjalan lancar. Setelah itu, saya mulai membuka tautan mulai dari diri. Di tahap ini saya membaca artikel dan mempelajari studi kasus, memberi komentar dan refleksi pada slide 3 dan berbagi pengalaman dan menjawab pertanyaan. 

b. Eksplorasi Konsep

Senin-Rabu, 11-13 September 2023, secara mandiri saya dan rekan-rekan CGP membaca artikel dan mempelajari studi kasus, membuat analisis kasus dilema etika/bujukan moral berdasarkan kasus nyata disekolah di slide 7, menjawab pertanyaan pemantik untuk analisa 4 kasus dilema etika mengunggah dan mentautkan linknya di slide 9, membuat analisis kasus dilema etika bersama rekan Guru kemudian mengunggah dan mentautkan linknya berdasarkan kasus di slide 12, mengangkat 1 kasus dilema etika yang pernah Anda hadapi kemudian terapkan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan pada studi kasus tersebut mengunggah dan mentautkan linknya berdasarkan kasus di slide 15. Dalam forum diskusi LMS asinkronus, membaca  4 studi kasus untuk kemudian memilih 1 kasus untuk dianalisis dengan 9 pertanyaan pemantik/panduan dalam LMS. Tiap CGP wajib memberi tanggapan pada studi kasus 2 CGP lainnya dan bersikap reflektif, kritis, dan kreatif, dan terbuka.

c. Ruang Kolaborasi

Ruang kolaborasi di modul 3.1. Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin ini dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah diskusi dengan anggota kelompok dan yang kedua adalah presentasi hasil diskusi tersebut. Semua itu dilakukan secara daring melalui Gmeet. Diskusi kelompok di ruang kolaborasi pertama dilakukan pada hari Kamis, tanggal 14 Septenber 2023. Sementara itu, presentasi hasil diskusi dilaksanakan pada hari Jumat, 15 September 2023. Hasil dari diskusi Ruang Kolaborasi kelompok bisa dilihat melalui tautan berikut: 

Klik di sini 

d. Demonstrasi Kontekstual

Senin-Selasa, 18 s.d 19 September 2023, saya dan seluruh CGP berada pada alur Demonstrasi Kontekstual. Di bagian ini saya mendapatkan tugas untuk mewawancarai minimal dua kepala sekolah terkait cara atau proses pengambilan keputusan. Saya mewawancarai kepala sekolah di SDN 2 Jetaksari, yakni Bapak Andi Patria, M.Pd  dan Guru senior/wakasek SDN 4 Jambon yakni Bapak Hening Puji Nugroho, S.Pd. Tugas demonstrasi kontekstual yang saya buat dapat diakses melalui tautan berikut: 

Klik di sini

e. Elaborasi Pemahaman

Di bagian ini, saya ditugasi untuk memberikan pertanyaan yang dapat menguatkan pemahaman saya tentang isi modul 3.1.

Berikut beberapa pertanyaan yang akan menguatkan pemahaman saya akan materi konsep di Modul 3.1. ini adalah:

1. Pertanyaan Sehubungan Dengan Topik Dilema Etika dan Bujukan Moral

   Apakah bujukan moral bisa menyebabkan dilema etika?

2. Pertanyaan Sehubungan Dengan Topik 4 Paradigma Pengambilan Keputusan

Bagaimana jika kasus dilema etika yang kita alami tidak bisa dimasukkan ke 4 paradigma pengambilan keputusan? Apakah bisa  membuat paradigma pengambilan keputusan diluar 4 paradigma tersebut?

3. Pertanyaan Sehubungan Dengan Topik 3 Prinsip Pengambilan Keputusan

Apakah pengambilan keputusan hanya berdasar pada ketiga prinsip ini? Apakah diperbolehkan jika membuat prinsip pengambilan keputusan yang baru?

4. Pertanyaan Sehubungan Dengan Topik 9 Langkah Pengujian Pengambilan Keputusan

Apakah ke 9 langkah harus dilaksanakan secara urut? Bagaimana kalau ada langkah yang terlewati, apakah hasil keputusannya bisa dipertanggungjawabkan?

5. Pertanyaan Umum

Apakah pengambilan keputusan harus melalui semua tahap yang dipelajari di modul 3.1 ?

Saya juga melakukan elaborasi pemahaman dengan instruktur melalui Gmeet pada tanggal 21 September 2023. Instruktur yang memandu kegiatan elaborasi adalah Yetti Maiharni (Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat).

f. Koneksi Antar-Materi

Di bagian koneksi antarmateri Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin, saya membuat simpulan, keterkaitan dengan modul lainnya, dan refleksi. Hasil koneksi antarmateri modul 3.1. saya tuangkan dalam tautan berikut:

Klik di sini

g. Aksi Nyata

Aksi nyata berisi pemahaman saya tentang modul 3.1 yang diterapkan secara nyata. Di aksi nyata ini saya akan mempraktikkan proses pengambilan keputusan, paradigma, prinsip, dan pengujian keputusan di sekolah. Berikut ini adalah contoh penerapan aksi nyata yang saya lakukan setelah mempelajari modul 3.1. Klik di sini

2. Feeling (Perasaan)

Selama saya mempelajari Modul 3.1., saya merasakan perasaan yang semangat dan senang. Saya bersemangat karena di modul 3.1. saya belajar mengenai dilema etika, prinsip pengambilan keputusan, sampai langkah dan pengujian pengambilan keputusan. Saya senang karena saya cukup banyak memahami materi dalam modul ini. 

3. Findings (Pembelajaran)

Di Modul 3.1. saya mendapatkan materi tentang materi-materi berikut:

1) Dilema etika (benar vs benar)

Adalah situasi yang terjadi ketika seseorang harus memilih antara dua pilihan dimana kedua pilihan secara moral benar tetapi bertentangan. Sementara itu, bujukan moral (benar vs salah) yaitu situasi yang terjadi ketika seseorang harus membuat keputusan antara benar dan salah.

2) Empat paradigma pengambilan keputusan

• Individu lawan kelompok (individual vs community) 

• Rasa keadilan lawan rasa kasihan (justice vs mercy)

• Kebenaran lawan kesetiaan (truth vs loyalty)

• Jangka pendek lawan jangka panjang (short term vs long term)

3) Tiga prinsip pengambilan keputusan

a) Berpikir Berbasis Hasil Akhir (Ends-Based Thinking)

b) Berpikir Berbasis Peraturan (Rule-Based Thinking)

c) Berpikir Berbasis Rasa Peduli (Care-Based Thinking)

4) Sembilan langkah pengambilan keputusan

• Mengenali nilai yang bertentangan.

• Menentukan pihak yang terlibat 

• Mengumpulkan fakta-fakta yang relevan dengan situasi

• Pengujian benar atau salah

• Pengujian paradigma benar lawan benar

• Melakukan prinsip resolusi

• Investigasi opsi trilemma

• Buat keputusan

• Lihat lagi keputusan dan refleksikan

4. Future (Penerapan)

Setelah memahami materi modul 3.1., saya akan menerapkannya dalam pengambilan keputusan yang harus saya laksanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar