Kamis, 21 September 2023

Aksi Nyata Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

Asalamualaikum wr.wb.

Salam hangat dan bahagia. Bertemu kembali dengan saya, Devinta Agung Susanto, CGP angkatan 8. Asal instansi SDN 4 Jambon Kab. Grobogan.

Seraya mengucapkan puji syukur alhamdulillah, selama mempelajari modul 3.1 di Program Pendidikan Guru Penggerak ini, saya mendapatkan pemahaman yang luar biasa tentang arti pentingnya sebuah pengambilan keputusan yang memberikan dampak pada perkembangan tumbuh kembang murid serta bagaimana mempertahankan situasi, suasana kerja & pembelajaran yang nyaman, aman serta kondusif melalui keterbukaan dan musyawarah dalam penyelesaian segala permasalahan dengan seluruh warga sekolah. Proses pengambilan keputusan tersebut tentunya tetap berpijak pada nilai-nilai kebajikan. Rencana ke depan saya memiliki pandangan bahwa harus ada prosedur khusus dalam pengambilan keputusan sehingga dapat diukur seberapa efektif hasil pengambilan keputusan tersebut dilihat dari faktor resiko atau dampaknya. Selanjutnya pada kasus dilema etika saya akan menerapkan pengambilan keputusan  dengan berdasarkan paradigma dan prinsip sesuai dengan kasus  yang dihadapi lalu mengujinya menggunakan 9 langkah pengambilan keputusan sehingga diharapkan nantinya diperoleh hasil keputusan  yang bijaksana.

Berikut adalah contoh penerapan aksi nyata terkait pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan sebagai pemimpin yang pernah saya praktikkan.


Contoh lain penerapan prinsip pengambilan keputusan sehari-hari di lingkungan sekolah yang juga pernah saya lakukan berdasarkan 3 prinsip guru penggerak adalah sebagai berikut:

Contoh penerapan prinsip pengambilan keputusan berbasis rasa peduli

  • Guru memutuskan untuk memberitahu murid bahaya dari tawuran.
  • Guru memutuskan untuk memberitahu murid bahaya dari penggunaan narkoba dan pentingnya menerapkan tertib budaya lalu lintas.
  • Guru memutuskan untuk memberitahu murid pentingnya saling menghargai di antara teman.
  • Guru memutuskan untuk memberitahu murid pentingnya memikirkan kelangsungan hidup setelah lulus sekolah.

Contoh penerapan prinsip pengambilan keputusan berbasis peraturan

  • Guru memutuskan untuk menskors murid yang kedapatan minum-minuman keras di lingkungan sekolah sesuai peraturan yang ditetapkan sekolah.
  • Guru memutuskan untuk melarang penggunaan narkoba sesuai peraturan sekolah dan negara.
  • Guru memutuskan menskors siswa yang terlambat datang ke sekolah tanpa keterangan yang jelas.

Contoh penerapan prinsip pengambilan keputusan berbasis hasil akhir

  • Guru memutuskan pembelajaran sesekali dengan penggunaan handphone untuk mengajarkan akses cepat terhadap informasi.
  • Guru memutuskan tidak menunjukan tingkat pemeringkatan nilai kepada siswa, namun lebih mengutamakan untuk memberikan kepada peserta didik untuk meningkatkan kapasitas pembelajarannya di masa mendatang.
  • Guru memutuskan untuk melakukan penilaian dengan rentang nilai, semisal nilai 90-100 adalah A. Contoh penilaian tersebut dilakukan untuk menghilangkan anggapan bahwa nilai adalah segalanya.
  • Guru memutuskan untuk memilih metode pembelajaran menyesuaikan profil dan kebutuhan belajar siswa, sehingga pembelajaran lebih bermakna, dan meningkatkan motivasi belajar siswa.
  • Guru memutuskan untuk memilih metode pembelajaran dengan mempertimbangkan observasi dari hasil kompetensi siswa setelah memakai beberapa metode mutakhir.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar